THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Pages

Rabu, 15 Februari 2012

Mengenal Search Engine


Mengenal Search Engine

1.      Pengertian Search Engine
Search engine adalah salah satu fasilitas internet yang di jalankan melalui browser untuk mencari informasi yang kita inginkan.
Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web, cukup dengan memasukkan kata kuncinya, maka search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat. Mengingat komunitas internet yang sedemikian luasnya, maka bisa dipahami bagaimana sulitnya mencari suatu alamat situs tertentu apabila anda tidak mengetahui alamat URL-nya (seperti mencari 1 rumah dalam suatu kota besar). Oleh karena itu, beberapa keuntungan menggunakan search engine, antara lain :
·         Kita tidak perlu menghapal alamat tertentu untuk mencari informasi yang kita perlukan, cukup browse ke arah search engine, lalu ketikkan nama objeknya.
·         Mempermudah para pengguna baru untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Pada umumnya, pengguna baru tidak memiliki catatan alamat sendiri. Sehingga mereka hanya perlu mencari dengan menuliskan kata pada kotak search.
·         Sangat efektif untuk pencarian informasi bagi penelitian dan sebagainya. Karena dari search engine inilah kita akan menemui berbagai informasi dari berbagai pihak.

Search engine atau disebut juga mesin pencari, adalah sebuah website yang menyimpan banyak sekali data-data tentang alamat sebuah website. Dengan begitu, kita bisa dengan mudah untuk mencari dan menemukan alamat website yang berisi informasi yang kita inginkan.   
2.      Contoh-contoh web atau situs yang berfungsi sebagai search engine

a.   Yahoo :  http://www.yahoo.com

Search engine ini merupakan website paling tua, yaitu sejak tahun 1994 dan merupakan website yang paling banyak dikunjungi dan digunakan dalam akses internet 

b.   Google : http://www.google.com







Google merupakan search engine yang dapat mengindex berdasarkan kelompok-kelompok tertentu
c.   Altavista : http://www.altavista.com

Altavista adalah salah satu search engine yang sangat baik dan mudah digunakan. Selain itu, altavista merupakan search engine yang dapat melakukan index dengan cepat dan dapat menghasilkan halaman yang sangat baik
3.      Cara mencari informasi melalui search engine

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
a.   Jalankan Internet Explorer atau browser yang lainnya
b.   Dalam kota address masukan salah satu alamat search engine
c.   Mesukkan kata kunci yang ingin kita cari, misalnya super junior
d.   Klik dengan menggunakan mouse search atau tekan tombol enter
e.   Carilah alamat website yang kita sukai
  1. Contoh cara mencari informasi melalui search engine
-Buka mozilla fiferox
-Dalam kotak address masukan salah satu alamat search engine
-Masukan kata kunci yang kita ingin misalnya handphone
-Klik enter
-Pilih alamat yang kita sukai

Fasilitas Advences Search
      
  Fasilitas Advanced Search ini telah disediakan oleh search engine. Misalnya kita ingin mencari “foto personil 2PM”, maka search engine akan melakukan 3 pencarian sekaligus. Yang pertama, search engine akan mencari alamat website yang berhubungan dengan foto, personil 2PM, dan foto personil 2PM, padahal yang akan kita cari yaitu foto personil 2PM, maka digunakan fasilitas advanced search. Untuk menjalankan fasilitas tersebut, kita tinggal mengklik link Advanced Search.

0 komentar: