THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Pages

Rabu, 23 Mei 2012

Antoni van Leeuwenhoek



Antoni van Leeuwenhoek adalah seorang tokoh yang terkenal, karena berhasil menemukan bakteri. Antoni van Leeuwenhoek merupakan seorang pedagang dan ahli sains dari Belanda. Beliau terkenal sebagai ahli mikrobiologi pertama di dunia dan hal itu menjadikannya sebagai ‘Bapak Mikrobiologi’.
Penemuan Leeuwenhoek
            Meskipun hanya berlatar belakang pendidikan sekolah dasar, Leeuwenhoek melakukan banyak penemuan penting. Dialah orang pertama yang menjabarkan spermatozoa (1677). Leeuwenhoek juga menjadi orang pertama yang menjabarkan tentang darah merah dan darah putih.
Penemuan Besar
            Penemuan Leeuwenhoek yang sangat berarti bagi dunia kedokteran adalah ketika dia melakukan penelitian pertama terhadap bakteri tahun 1676. Pada waktu itu dia menggunakan sebuah lensa yang mampu memperbesar gambar bakteri hingga 280 x dari bentuk alinya. Sampel yang diambil langsung dari cairan mulutnya.
Sel Darah Merah
Leeuwenhoek berhasil melihat gambaran sel darah merah dan sel darah putih yang diambil dari darahnya sendiri.
Mikroskop Leeuwenhoek
            Semua penemuan Leeuwenhoek yang berharga itu tak lain karena hobinya memicingkan matanya lewat lensa mikroskop hasil buatannya sendiri. Walaupun jauh sebelum dia lahir, mikroskop telah ada, tapi mikroskop hasil karya Leeuwenhoek mampu memperbesar objek sekitar 270 kali.


0 komentar: