THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Pages

Rabu, 23 Mei 2012

Mengembangkan Potensi Anak Berbakat



            Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak berbakat memiliki potensi yang unggul. Potensi ini dapat disebabakan oleh faktor keturunan. Tak ada kesangsian bahwa factor genetika mempunyai andil yang besar terhadap kemampuan mental seseorang. Penjelasan itu menyatakan bahwa semua ibu harus menyadari pentingnya nutrisi yang baik demi anak yang dikandungnya. Janin juga harus terhindar dari keracunan atau pengaruh sinar x yang dating dari luar. Dari sudut proses belajar maka faktor kesadaran adalah satu prestasi belajar yang sebelumnya melibatkan proses kompleks. Faktor inteligensi, motivasi, emosi, dan sosialisasi sangat menentukan pencapaian hasil atau prestasi belajar dalam bentuk kesadaran.
            Kebanyakan anak berbakat dilahirkan dengan berat badan di atas berat badan normal. Dari segi fisik pada umumnya, mereka juga memiliki keunggulan seperti terlihat dari berat dan tinggi badan, koordinasi, daya tahan tubuh, dan kondisi kesehatan pada umumnya. Mereka juga sangat energik sehingga orang salah mendiagnosa sebagai anak yang hiperaktif. Anak-anak berbakat berkembang lebih cepat atau bahkan sangat cepat bila dibandingkan dengan ukuran perkembangan yang normal. Bila guru menemukan anak seperti itu maka guru dapat menduga bahwa itu anak-anak yang berbakat. Hal ini disebabkan anak berbakat memiliki superioritas intelektual, mampu dengan cepat melakukan analisis dan dalam irama perkembangan kemajuan yang mantap. Bahkan, dalam berpikikr mereka sering meloncat dari urutan berpikir yang normal.
            Selain potensi inteligensi, anak-anak berbakat memiliki keunggulan pada aspek psikologis yang lain, yaitu emosi. Anak-anak yang berbakat memiliki stabilitasa emosi yang mantap sehingga mereka mampu mengendalikan masalah-masalah personal. Rasa tangguyng jawab mereka sangat tinggi serta mempunyai cita rasa humor yang tinggi pula. Karakteristik social yang dimiliki anak-anak berbakat ialah cakap mengevaluasi keterbatasan dan kelebihan yang dimiliki dirinya dan orang lain. Sifat ini akan membuat anak berbakat tampil bijaksana.
            Prestasi anak berbakat dapat ditinjau dari segi fisik, psikologis, akademik, dan sosial. Prestasi fisik yang dapat dicapai oleh anak-anak berbakat ialah mereka memiliki daya tahan tubuh yang prima serta koordinasi gerak fisik yang harmonis. Anak berbakat mampu berjalan dan berbicara lebih awal dibandingkan dengan masa berjalan anak-anak normal. Secara psikologis, anak berbakat memiliki kemampuan emosi yang unggul dan secara social pada umumnya mereka adalah anak-anak yang popular serta lebih mudah diterima.  
            Berdasarkan prestasi akademik, anak berbakat pada dasarnya memiliki sistem syaraf pusat yang prima. Oleh karena itu, anak-anak berbakat dapat mencapai tingkat kognitif yang tinggi. Kognitif tingkat tinggi meliputi berpikir aplikasi, analisis, sintesis, evaluasi dan kognitif tingkat rendah, yang terdiri dari berpikir mengetahui dan komprehensif. Dalam usia yang lebih muda dari anak-anak normal, anak-anak berbakat sudah mampu membaca dan kemampuan ini berkembang terus secara konsisten. Mereka mampu menggunakan perbendaharaan kata yang sudah maju.selain memiliki keunggulan-keunggulan di atas, anak-anak berbakat mempunyai karakteristik negatif, diantaranya:
·         Mampu mengaktualisasikan pernyataan secara fisik berdasarkan pemahaman  pengetahuan yang sedikit
·         Mendominasi diskusi
·         Tidak sabar untuk segera maju ke tingkat berikutnya
·         Suka ribut
·         Memilih kegiatan membaca daripada berpartisipasi aktif dalam kegiatan kemasyarakatan atau kegiatan fisik
·         Suka melawan aturan, petunjuk-petunjuk tertentu
·         Jika memimpin diskusi akan membawa situasi diskusi ke situasi yang harus selalu tuntas
·         Frustasi disebabkan oleh macetnya aktivitas sehari-hari
·         Menjadi bosan karena banyak hal yang diulang-ulang
·         Menggunakan humor untuk memanipulasi sesuatu
·         Melawan jadwal yang (hanya) didasarkan atas pertimbangan waktu saja, bukan atas pertimbangan tugas
·         Mungkin akan kehilangan intens dengan cepat

Komunikasi dan Stimulasi
Dalam upaya memengaruhi perkembangan anak untuk mengaktualisasikan seluruh potensi yang dimiliki agar berfungsi secara optimal, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mencapai hasil yang diharapkan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah faktor kemampuan anak itu sendiri –untuk mengenalinya, hasil tes IQ bisa dijadikan rujukan. Disini, mengenali memiliki arti mengetahui semua cirri khusus yang ada pada anak secara obyektif. Sebelum memberikan pendidikan khusus kepada anak berbakat, terlebih dahulu bedakan beberapa pengertian ini, yakni berbakat luar biasa pada fungsi-fungsi yang berhubungan dengan proses informasi kognitif –sehingga memengaruhi aspek-aspek lain- dan berbakat luar biasa hanya pada salah satu atau beberapa aspek, bisa mengenai aspek kognitif atau aspek yang berhubungan dengan keterampilan khusus sementara aspek-aspek lain secara umum tergolong biasa saja.
            Kata-kata efektif yang dapat mendorong anak menjadi pintar dan berjiwa besar:
-          Super                                 - Hebat                                                - Bagus sekali
-          Menyenangkan                 - Menonjol                              - Selamat
-          Baik                                   - Mengagumkan                     - Sensasional
-          Luar biasa                         - Jempolan                              - Fantastis
Kalimat-kalimat positif yang dapat mendorong anak menjadi pintar dan termotivasi untuk berprestasi:
-          Pekerjaanmu sangat baik!
-          Sudah kau selesaikan dengan baik.
-          Itu bagus.
-          Pertahankan!
-          Saya bangga terhadap kamu!
-          Saya senang menjadi ibumu!
-          Kamu cepat belajar.
-          Itu yang terbaik dari yang pernah kau lakukan.
-          Kamu semakin pandai.
-          Engkau sudah berada dalam jalur yang benar.
-          Sudah kau kerjakan dengan manis.
-          Engkaulah anak kebanggaan ayah/ibu.
Di samping itu, lakukan kegiatan istimewa bersama anak-anak, seperti:
-          Refreshing keluar rumah, misalnya melihat pameran dan menonton pertunjukan.
-          Waktu untuk bermain bersama-sama.
-          Berjalan-jalan di alam bebas atau taman.
-          Membaca buku bersama-sama.
-          Mendengarkan music.
-          Kebersamaan rohaniah, misalnya pergi ke tempat ibadah bersama-sama.
-          Silaturahmi ke rumah teman, tetangga, keluarga, dan saudara.
Kebutuhan rohani anak :
-          Cinta yang berlimpah-limpah
-          Rasa aman
-          Kestabilan
-          Sikap konsisten
-          Stimulasi
-          Asuhan dengan memperhatikan kebutuhan mereka
-          Penilaian positif terhadap diri sendiri yang juga menyatakan pertsetujuan. Pujian mengajar anak-anak untuk mengatakan “Saya mampu”.
Di samping itu, salah satu kualitas terpenting yang harus dimiliki oleh orang-orang yang sukses adalah citra diri yang sehat. Kesempatan apakah yang dimiliki anak-anak untuk mengembangkan penilaian yang baik terhadap diri sendiri jika orang tua mereka tidak memilikji citra diri yang positif? Beberapa penyebab citra diri yang burik dalam diri anak –anak adalah:
-          Penganiayaan anak
-          Penelantaran
-          Salah satu orang tuanya kecanduan alkohol atau obat
-          Perceraian yang traumatis
-          Orang tua yang terlalu banyak mencela
Cinta Kasih Tak Bersyarat
            Kita harus mencintai anak-anak tanpa syarat,artinya tanpa kondisi tertentu sebelumnya. Citra diri seorang anak sangat dipengaruhi oleh cara Anda memperlakukan mereka. Oleh karena itu, selayaknya Anda memperhatikan hal-hal berikut:
·         Pahami dan terimalah anak-anak sebagaimana adanya mereka
·         Bantulah anak Anda mengembangkan pandangan yang antusias terhadap kehidupan. Beri mereka harapan, rasa optimis, dan iman terhadap masa depan.
·         Hargailah mereka,berikan pujian dan dorongan ketika diperlukan
·         Ciptakan lingkungan penuh kasih sayang yang positif. Sering-seringlah memberikan perhatian, rengkuhlah mereka, peluk dan cium mereka, beritahukan bahwa Anda mencintai mereka
·         Doronglah anak-anak untuk menyelesaikan tugas-tugas, tanpa memedulikan besar kecilnya tugas tersebut
·         Rangsanglah anak-anak anda 

0 komentar: