THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Pages

Rabu, 23 Mei 2012

Carl Friedrich Gauss, anak yang luar biasa pandai


Ahli metematika Carl Friedrich Gauss, anak yang luar biasa pandai, baru berumur tiga tahun ketika dia memperbaiki perhitungan pada catatan daftar gaji ayahnya. Dia terus membuat sumbangan yang berarti pada dunia matematika.
Ceritanya berawal ketika Gauss masih bersekolah, gurunya yang telah meminta siswa sekelas untuk menjumlahkan bilangan 1 sampai 100 agar mereka tetap bekerja sehingga guru itu bisa beristirahat. Beberapa saat kemudian, Carl Friedrich kecil sudah berdiri di dekat siku gurunya dengan membawa penyelesaian. Guru tersebut tampak tidak percaya dengan jawaban anak itu, yang tentu saja benar. Gauss tidak begitu pandai dalam penjumlahan. Dia hanya pandai mengatur dan menemukan pola bilangan yang membuat penjumlahan lebih mudah dan jauh lebih menarik. Dia melihat bahwa 1 + 99 = 100, 2 + 98 = 100, 3 + 97 = 100, dan seterusnya jumlah dari empat puluh Sembilan 100-an, 50 di tengah, dan 100 di akhir adalah 5.050.
Berkat Gauss, telah ada rumus baku untuk jumlah bilangan bulat berurutan. Rumus ini adalah S = n(n + 1) : 2. S menyatakan jumlah bilangan, dan n menyatakan bilangan terbesar, atau paling akhir pada daftar yang dimulai dengan bilangan satu.

0 komentar: