THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Pages

Rabu, 23 Mei 2012

Bermain rata-rata


Saat kamu ditanya tentang tingkat rata-rata atau tinggi rata-rat, kamu biasanya mengira itu adalah rat-rata dimana kamu menjumlahkan skor atau tinggi dan kemudian membaginya dengan banyaknya sesuatu yang dijumlahkan tersebut. Ini disebut rerata(mean).
Sebenarnya ada dua rata-rata lain  yang sering digunakan yang dapat member jawaban “bagus”terhadap pertanyaan, “Berapa biasanya ? Berapa yang diharapkan?” dua rata-rata lainnya adalah median dan modus. Median adalah nilai tengah sebenarnya, jika kamu meletakan nilai dalam urutan dari yang terkecil ke yang terbesar atau dari yang terbesar ke yang terkecil. Modus adalah nilai yang paling sering muncul.
Berdasarkan bilangan 1, 1, 2, 2, 4, 4, 4, 4, 5. Reratanya adalah 27 : 9 = 3; mediannya adalah 4; modusnya juga empat. Setiap rata-rata ini adalah benar. Rata-rata yang berbeda digunakan dalam situasi yang berbeda pula. Kadang-kadang salah satu diantaranya, dan bukan yang lainnya, memberikan jawaban yang lebih baik untuk menjawab pertanyaan “Berapa yang diharapkan?”

0 komentar: