THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Pages

Rabu, 23 Mei 2012

Masa Emas Perkembangan Anak



                Jaringan otak anak akan terus berkembang secara optimal jika ada stimulasi dari luar berupa hal-hal yang dipelajari dan dialami oleh anak tersebut. Masa kanak-kanak merupakan gambaran awal manusia sebagai seorang manusia seutuhnya. Masa pertumbuhan anak-anak merupakan masa emas (golden age) yang hanya terjadi satu kali dalam perkembangan kehidupan manusia. Memberikan “pendidikan terbaik” kepada anak-anak sejak dini bagaikan mengukir di atas batu sehingga apa yang dipelajari akan diingat dan melekat kuat sampai dewasa. Otak manusia bersifat seperti “hologram” yang dapat menyerap, mencatat, menyimpan, mereproduksi, dan merekonstruksi informasi-informasi yang diberikan kepadanya. Anak yang tidak berada di lingkungan yang baik dapat mengalami penyimpangan dalam perilakunya, seperti rasa rendah diri, menjadi penakut, sulit berkonsentrasi, bahkan keterbelakangan mental.
                Anak berbakat merupakan hasil interaksi tiga sifat dasar manusia yang menyatu, terdiri dari kemampuan umum dengan tingkatan di atas rata-rata, komitmen yang tinggi terhadap tugas-tugas dan kreativitas yang tinggi. Anak berbakat ialah anak yang memiliki kecakapan dalam mengembangkan gabungan ketiga sifat ini dan mengaplikasikannya dalam setiap tindakan yang bernilai. Anak-anak yang mampu mewujudkan ketiga sifat itu seharusnya memperoleh kesempatan pendidikan yang luas dan pelayanan yang berbeda dengan program-program pengajaran yang reguler.
                Pengertian lain menyebutkan bahwa anak berbakat adalah anak yang mempunyai potensi unggul di atas potensi yang dimiliki oleh anak-anak normal. Para ahli dalam bidang anak-anak berbakat memiliki pandangan sama, yaitu keunggulan lebih bersifat bawaan daripada manipulasi lingkungan sesudah anak dilahirkan. Keunggulan lain yang telah disepakati oleh para ahli ialah anak-anak berbakat mempunyai superioritas dalam bidang akademik. Kiranya, hal itu tidak sulit untuk dimengerti sebab salah satu syarat penting untuk meraih prestasi akademik tertentu ialah persyaratan inteligensi.
                Kepribadian memang merupakan salah satu sumbangan yang dapat diberikan oleh anak atau orang-orang berbakat. Dengan dasar kepribadian yang baik maka akan dilahirkan pula karya-karya yang baik pula. Dengan demikian, manfaat yang diberikan menjadi lebih besar dibandingkan kerugiannya. Seperti kita ketahui bahwa sebuah karya besar akan memberikan pengaruh yang besar pula dalam kehidupan manusia.
                Sebagai mahluk social, pertumbuhan dan perkembangan anak berbakat sangat dipengaruhi oleh sifat-sifat, pemikiran, sikap, dan aktivitas anggota masyarakat yang lain. Dalam pergaulan inilah kepekaan emosi mereka mulai terasah. Ditinjau dari aspek budaya, anak berbakat tumbuh dan berkembang dengan dipengaruhi tingkat kebudayaan yang melingkupi wilayah tempat tinggalnya. Selain itu, factor agama akan memberikan dasar dan norma pribadi anak berbakat. Karakteristik anak-anak berbakat dapat dilihat dari beberapa segi, yaitu potensi, cara menghadapi masalah, dan kemampuan yang dapat dicapai.

0 komentar: