THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Pages

Rabu, 23 Mei 2012

Archimedes – tukang memindahkan barang dan berendam


Dilahirkan sekitar tahun  287 SM, Archimedes, seorang ahli matematika dan penemu yang penuh semangat, membuat pompa untuk menaikkan air dari tempat rendah ke tempat tinggi. Pompa ini digunakan untuk irigasi, di kapal dan pertambangan, dan masih digunakan sampai saat ini di beberapa bagian dunia.
Ia juga menciptakan peralatan astronomi dan merancang alat untuk pertahanan kotanya pada saat perang. Dikenal sebagai ilmuwan yang mampu memindahkan benda yang sangat berat dengan menggunakan pengungkit sederhana, roda gigi, dan katrol, Archimedes menentukan silinder terkecil yang bisa memuat sebuah bola dan kemudian menemukan cara menghitung volume bola. Gambar bola/silinder terpahat diatas batu nisannya.
Legenda favorit menceritakan bahwa ketika Archimedes masuk ke dalam bak mandinya untuk mandi, ia telah mengungkap rahasia tentang bagaimana ia bisa menentukan kemurnian benda emas dengan menggunakan metode merendam ke dalam air yang sama. Ia sangat gembira dengan pengungkapan rahasia itu sehingga ia melompat keluar dari bak mandi dan berlari telanjang di jalanan kota sambil berteriak, “Eureka! Eureka!” (aku telah menemukannya!)

0 komentar: